Sabtu, 28 April 2012

KARBOHIDRAT


1.           Bedakan antara istilah monosakarida, disakarida, dan polisakarida! Tuliskan 2 sumber makanan dari masing-masing!
Jawab: (sumber: William’s, Essentials of Nutrition & Diet Therapy)
·         Monosakarida merupakan bentuk yang paling sederhana dari karbohidrat, atau disebut juga gula sederhana. 3 jenis monosakarida yang paling penting untuk nutrisi tubuh manusia adalah glukosa, fruktosa, dan galaktosa.
Ø  Makanan sumber monosakarida:
ü  Glukosa: hidrolisis dari zat tepung
ü  Fruktosa: madu
ü  Galaktosa: hidrolisis dari laktosa (gula susu)
·         Disakarida adalah gula ganda yang tersusun atas dua monosakarida yang terjalin erat. 3 jenis disakarida yang penting yaitu laktosa, sukrosa, dan maltosa.
Ø  Makanan sumber disakarida :
ü  Sukrosa = 1 glukosa + 1 fruktosa    contoh: nanas, wortel
ü  Laktosa =  1 glukosa + 1 galaktosa contoh: susu
ü  Maltosa =  1 glukosa + 1 glukosa     contoh: zat tepung yang dicerna oleh enzim amilase
·         Polisakarida adalah karbohidrat kompleks yang tersusun atas beberapa unit sakarida atau glukosa tunggal. Zat tepung (kanji) merupakan salah satu karbohidrat kompleks atau polisakarida yang tersusun oleh beberapa rantai unit glukosa tunggal yang bergelung dan bercabang dan hanya menghasilkan glukosa pada pencernaan sempurna. Zat tepung (kanji) merupakan penghasil energi terpenting dari polisakarida. Polisakarida lainnya yaitu glikogen dan dekstrin.
Ø  Makanan sumber polisakarida: makanan bertepung seperti roti, sereal, dan nasi.

2.          Apa itu resistant starch? Di mana ditemukan? Sebutkan 2 manfaat kesehatan dari resistant starch!
Jawab : (sumber: William’s, Essentials of Nutrition & Diet Therapy)
·         Resistant starch adalah beberapa zat tepung dalam paartikel makanan seperti sereal, kentang, pisanng, dan polong dicerna dalam usus kecil dan biasanya masuk ke dalam usus besar dalam bentuk yang masih utuh. Resistant starch terdapat pada sereal yang dikunyah, pisang hijau, dan kentang mentah.
·         Manfaat kesehatan resistant starch:
ü  Mirip dengan diet serat
ü  Bakteri fermentasi dari fresistant starch menghasilkan tiga rantai pendek asam lemak, acetic, butyric, dan propionic.

3.          Untuk sarapan Anda mempunyai sepotong roti gandum dengan agar-agar/selai, pisang, dan segelas susu rendah lemak. Daftar kedua bentuk baik yang mudah dicerna dan tidak mudah dicerna dari karbohidrat termasuk dalam makanan ini. Buat label dari karbohidrat yang mudah dicerna, tunjukkan tempat pencernaan, enzim yang dibutuhkan, dan produk yang dibentuk!
Jawab :
Makanan
Tempat pencernaan
Enzim yang dibutuhkan
Hasil
Dpt dicerna
Tidak dapat dicerna
Roti+jelly
Mulut & usus halus
Amylase,maltase, lactase & sukrase
glukosa
ü   

Pisang
Mulut & usus halus
Amylase & sukrase
fruktosa
ü   

Susu rendah lemak
lambung
Rennin
laktosa
ü   


4.         Menggunakan CD-ROOM yang disertai dengan teks Anda, tentukan kebutuhan energi harian seorang wanita berusia 25 tahun dengan tinggi 5 kaki, berat 125 lb, dan relatif menetap. Berapa gram karbohidrat yang harus dimasukkan dalam dietnya. Dan berapa banyak kalori yang harus disediakan? Apa batas atasnya untuk gram gula? Berapa banyak serat yang dianjurkan? Kembangkan menu 3 hari yang menyediakan jumlah yang sesuai serat karbohidrat! Makanan tidak melebihi batas gula.
Jawab :
Golongan umur
(tahun)
Berat badan
(kg)

Jenis kerja
Energi (kal)
Wanita 20-59
47
Ringan
1800


Sedang
2150


Berat
2600
>60
47

1710
Diet rendah karbohidrat
Protein
Gemuk
Karbohidrat
Kalori
25%
65%
10%
2000
500 Kal
1300 Kal
200 Kal
125 g
144 g
50 g
1800
450 Kal
1170 Kal
180 Kal
113 g
130 g
45 g

Ia harus mengkonsumsi 1675,4 kalori/hari.

5.          Jelaskan dampak klinis serat dalam pencegahan atau pengobatan kondisi berikut: penyakit divertikular, hiperlipidemia dan diabetes tipe 2.
Jawab :
v  Efek klinis serat pada kondisi sembelit yaitu Pasien dengan diverticulosis sering diberikan suplemen serat untuk mencegah sembelit dan menghentikan kondisi dari kemajuan. The American Dietetic Association (ADA) recommends 25 - 30 grams of fiber per day; your doctor may recommend more. American Dietetic Association (ADA) merekomendasikan 25 - 30 gram serat per hari, dokter anda dapat merekomendasikan lebih. Some researchers think that people with diverticulosis should avoid foods such as nuts, pumpkin, caraway, and sesame seeds. Beberapa peneliti berpikir bahwa orang dengan diverticulosis harus menghindari makanan seperti kacang, labu, jintan, dan biji wijen. It is thought that these small particles may get lodged in the diverticula (pouches in the colon) and cause infection and irritation. Diperkirakan bahwa partikel-partikel kecil dapat mendapatkan bersarang di diverticula tersebut (kantong dalam usus besar) dan menyebabkan infeksi dan iritasi.
v  Efek klinis serat pada kondisi kelebihan lemak yaitu pada kolesterol tinggi serat larut, seperti di kulit psyllium (yang mengandung kedua serat larut dan tidak larut), getah guar, biji rami, dan dedak oat, dapat membantu menurunkan kolesterol bila ditambahkan ke diet, rendah lemak jenuh rendah kolesterol. Clinical studies have shown psyllium, in particular, is effective in lowering total cholesterol levels as well as LDL (or “bad”) cholesterol levels. Penelitian klinis telah menunjukkan psyllium, khususnya, efektif dalam menurunkan kadar kolesterol total serta LDL (atau "buruk") kadar kolesterol. Sedangkan pada kegemukan Studi klinis dan laporan kasus manusia menunjukkan bahwa serat larut (seperti psyllium, pektin, dan gum guar) dapat membuat Anda merasa kenyang dan kurang lapar, sehingga Anda makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan.
v  Efek klinis serat pada kondisi diabetes mellitus yaitu Studi klinis menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat membantu mencegah diabetes tipe 2, insulin lebih rendah dan tingkat gula darah, dan meningkatkan kolesterol dan trigliserida (lemak dalam darah) tingkat pada orang dengan diabetes. In addition, one well-designed clinical study suggests that pregnant women with type 1 diabetes may be able to reduce the amount of insulin they use if they eat a high-fiber diet. Selain itu, salah satu yang dirancang dengan baik studi klinis menunjukkan bahwa wanita hamil dengan diabetes tipe 1 mungkin dapat mengurangi jumlah insulin yang mereka gunakan jika mereka makan diet tinggi serat. A clinical study compared people with type 2 diabetes who were eating 50 grams of fiber daily with people getting the American Diabetes Association' s recommended 24 grams of fiber daily.Sebuah studi klinis dibandingkan dengan diabetes tipe 2 yang sedang makan 50 gram serat sehari-hari dengan orang-orang mendapatkan s American Diabetes Association 'direkomendasikan 24 gram serat sehari-hari. After 6 weeks, people on the higher fiber diet had better control of blood glucose, insulin, and blood lipids. Setelah 6 minggu, orang-orang di diet serat tinggi memiliki kontrol yang lebih baik dari glukosa darah, insulin, dan lipid darah. In another clinical study, a group of men with type 2 diabetes who took psyllium twice daily lowered blood glucose and lipid values compared to a control group taking a placebo. Dalam sebuah studi klinis, sekelompok orang dengan diabetes tipe 2 yang mengambil psyllium dua kali sehari menurunkan nilai glukosa darah dan lipid dibandingkan dengan kelompok kontrol mengambil plasebo.

6.          Klien Anda Tuan B ingin kehilangan 20 lb sebelum reuni SMA bulan depan. Dia telah memutuskan untuk hanya makan daging dan makanan gorengan lainnya untuk 4 minggu ke depan karena ia percaya diet karbo yang sangat rendah akan membantu dia menurunkan berat badan. Apakah bahaya diet yang dia ajukan? Bagaimana anda menjelaskan mengapa ia membutuhkan karbo?
Jawab : (sumber: Amrita, diet sehat murah dan menyenangkan, 2007)
Karbohidrat merupakan salah satu unsur penting yang dibutuhkan tubuh. Fungsi utama karbohidrat sebagai pemasok energi ke berbagai macam fungsi tubuh, seperti alat pernapasan dan jantung serta memacu kerja otak dan otot-otot tubuh, mengatur metabolisme lemak, dan mengatur pengeluaran feses. Karbohidrat juga berfungsi sebagai penghemat pemanfaatan protein untuk kebutuhan energi, dan yang paling penting adalah karbohidrat sebagai sumber energi utama bagi manusia. problem utama dalam diet ini adalah karena karbohidrat merupakan unsur penting yang dibutuhkan tubuh tiap hari, yaitu sebagai pemasok energi ke berbagai fungsi tubuh. Karena tidak mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup maka tubuh akan mengandalkan energi dari makanan-makanan yang mengandung protein dan lemak. Untuk mencukupi ini penganut diet atkins meninggikan konsumsi proein yang umumnya dipilih dalam bentuk daging-dagingan.
7.          Jelaskan 5 fungsi khusus karbo dalam tubuh!
Jawab: (sumber: Almatsier, prinsip dasar ilmu gizi, 2009)
a.       Menyediakan sumber energi utama bagi tubuh.
b.      Memberikan rasa manis pada makanan, khususnya monosakarida dan disakarida.
c.       Penghemat protein. Bila karbohidrat makanan tidak mencukupi, maka protein akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi, dengan mengalahkan fungsi utamanya sebagai zat pembangun. Sebaliknya, bila karbohidrat makanan mencukupi, protein terutama akan digunakan sebagai zat pembangun.
d.      Pengatur metabolisme lemak. Karbohidrat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang tidak sempurna.
e.       Membantu pengeluaran feses. Karbohidrat membantu pengeluaran feses dengan cara mengatur peristaltik usus.
8.          Kunjungi toko bahan makanan lokal, dan temukan 2 jus buah, 2 minuman buah, 2 minuman berkarbonasi tersedia dalam porsi tunggal, wadah yang mudah dibawa. Gunakan label nutrisi untuk membuat sebuah tabel yang menunjukkan kalori. Total karbo (g), gula (g), vitamin, mineral per 8-oz porsi. Periksa daftar bahan dan catatan yang ditambahkan produk mengandung gula. Yang paling sesuai untuk penggunaan sehari-hari dan yang harus dibatasi.
Jawab :
No
Nama minuman
Karbohidrat
Gula
Vitamin
Mineral
1
Buavita
27 g
26 g
A 14%, C 80%, D3 20%, E 30 %, B1 11%, B2 14%, B3 20%, B5 270mcg, B6 14%, B 12 18%, biotin 2,2mcg, inositol 0,8mg, kolin 0,3mg,
Na 25 mg, K 50 mg, Ca 2 %, Cl 215 mg, Cu, 2,5 mcg, Mn 0,8 mcg.
2
Nutrisari (Jus Jeruk)
28 g
22 g
C 60 mg
Na 10 mg
3
Fresty fruity
62 g
62 g

Na 3 mg
4
U-C 1000
19,5 g
7 g
C 1000mg, E 2,3mg, niacin 2,3mg
Na 61 mg
5
Coca cola
28 g
28 g

Na 13 mg
6
Fanta
35 g
35 g

Na 20 mg

Ø  Semua produk di atas menggunakan gula buatan. Dari keenam produk diatas yang baik untuk dikonsumsi adalah jus buah, karena selain mengandung karbohidrat dan protein, jus buah juga mengandung mineral dan vitamin, serta serat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Dan minuman yang harus dibatasi adalah minuman berkarbonasi, sebab walaupun mengandung karbohidrat yang cukup banyak, namun kadar gula dalam minuman ini juga cukup tinggi, selain itu  minuman ini juga tidak mengandung vitamin sama sekali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar