Sabtu, 28 April 2012

PROTEIN


1.        Apa perbedaan antara asam amino esensial, asam amino non esensial, dan asam amino esensial bersyarat? Klasifikasikan asam amino tersebut!
Jawab: (sumber: Almatsier, prinsip dasar ilmu gizi,2009)
·         Asam amino esensial adalah suatu asam amino yang tidak dapat disintesis oleh tubuh tetapi sangat diperlukan oleh tubuh sehingga harus diperoleh dari luar dalam bentuk makanan yang dimakan.
·         Asam amino non esensial adalah suatu asam amino yang terdapat di dalam tubuh tetapi tidak terlalu dibutuhkan oleh tubuh.
·         Asam amino esensial bersyarat adalah suatu asam amino yang dapat disintesis dari asam amino lain atau metabolit mengandung nitrogen kompleks lain.
·         Klasifikasi asam amino:
Asam Amino
Esensial
Esensial Bersyarat
Tidak Esensial
Leusin
Arginin
Alanin
Isoleusin
Sistein
Asam aspartat
Valin
Glutamin
Asparagin
Triptopan
Glisin
Asam glutamat
Fenilalanin
Prolin
Serin
Metionin
Tirosin

Treonin


Lisin


Histidin



2.       Apa yang dimaksud perputaran protein? Bagaimana hubungannya dengan keseimbangan nitrogen?
Jawab: (sumber:  William’s, Essentials of Nutrition & Diet Therapy)
·         Perputaran protein adalah proses dimana badan protein dipecah secara terus-menerus dan asam amino dilepaskan sehingga terbentuk protein baru.
·         Keseimbangan protein kadang-kadang diuraikan sebagai keseimbangan nitrogen. Yang mana jumlah keseimbangan nitrogen melibatkan semua sumber zat yang ada di dalamnya. Keseimbangan nitrogen merupakan ukuran perbedaan nitrogen yang dimakan sebagian besar berupa protein dan yang diekskresikan oleh tubuh berupa urea dalam urine dan produk katabolisme lainnya. Keseimbangan nitrogen sehat sama dengan nol, yang berarti jumlah nitrogen yang masuk sama dengan jumlah yang dikeluarkan. Jika jumlah nitrogen yang masuk tubuh lebih besar daripada yang diekskresikan maka disebut keseimbangan nitrogen positif. Sebaliknya, keseimbangan negative terjadi seperti pada orang sakit karena banyak sel-sel rusak dan harus dikeluarkan dari tubuh.

3.       Bedakan antara anabolisme protein dan katabolisme! Jelaskan suatu situasi klinik di mana anabolisme protein melebihi katabolisme protein dan mana yang benar di antara keduanya!
Jawab: (sumber: William’s, Essentials of Nutrition & Diet Therapy)
·         Anabolisme adalah proses untuk membentuk senyawa baru seperti dalam sintesis.
·         Katabolisme adalah pemecahan senyawa menjadi senyawa yang lebih sederhana.
·         Karena anabolisme baik dalam pembentukan protein bagi tubuh sehingga tubuh bisa terpenuhi nutrisi protein. Dalam suatu periode pertumbuhan sintesis protein melebihi pemecahannya, menghasilkan keuntungan bersih dari jaringan makanan. Ketika asupan makanan berkurang drastic, seperti ketika lapar atau atau diet ekstrim atau karena penyakit serius, kerusakan jaringan melebihi sintesis protein, sehingga tubuh akan kehilangan protein. Pada orang yang sehat, penyesuaiannya dalam keseimbangan protein setiap hari berdasarkan pengaturan variasi asupan protein per hari atau kebutuhan jangka pendek yang darurat.

4.      Jelaskan tentang pengaruh hemat protein! Nutrisi mana yang mempengaruhinya?
Jawab: (sumber: Almatsier, prinsip dasar ilmu gizi, 2009)
·         Bila karbohidrat makanan tidak mencukupi, maka protein akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi, dengan mengalahkan fungsi utamanya sebagai zat pembangun. Sebaliknya, bila karbohidrat makanan mencukupi, protein terutama akan digunakan sebagai zat pembangun.
·         Nutrisi yang mempengaruhinya adalah karbohidrat.
5.       Jelaskan faktor yang mempengaruhi kebutuhan diet protein!
Jawab: (sumber: William’s, Essentials of Nutrition & Diet Therapy)
Faktor yang mempengaruhi kebutuhan diet protein, yaitu:
·         Jaringan Tumbuh
Kebutuhan protein mencerminkan pola pertumbuhan masa kanak-kanak, masa anak-anak, dan masa remaja. Periode tentang cepatnya pertumbuhan untuk hal-hal janin dan jaringan maternal di dalam kehamilan memerlukan tambahan protein.
·         Kualitas/mutu Protein
Kebutuhan protein dipengaruhi oleh kualitas dari protein yang berkaitan dengan aturan makanan dan pola dari asam aminonya. Tidak ada rekomendasi khusus untuk orang yang mengkomsumsi beberapa protein dari hewan dengan protein dari tumbuhan. Mereka yang tidak mengkomsumsi protein dari hewan perlu menekankan suatu makanan (tumbuhan) komplementer yang luas untuk memastikan adanya persediaan yang cukup dari semua asam amino yang sangat dibutuhkan.
·       Digestibilas Protein
Ketersediaan asam amino dipengaruhi oleh persiapan makanan. Panas menyebabkan adanya ikatan kimia antara beberapa gula dan asam amino, pembentukan, dan campuran yang tidak bias dicerna. Digestibilas dan absorbsi dipengaruhi pada saat interval antara makanan, dengan interval lebih banyak menurunkan kompetisi untuk enzim yang tersedia dan lokasi absorbs.
·       Diet Berisi Energi
Sejumlah karbohidrat yang cukup harus tersedia untuk kebutuhan energi, protein sangat berkenaan dalam aturan makanan sehingga dapat digunakan secara eksklusif untuk jaringan yang membangun. Karbohidrat berkenaan dengan aturan makanan juga mendukung sintesis protein sehingga dapat merangsang pelepasan hormon insulin.
·       Status kesehatan
Penyakit kritis yang meningkatkan gangguan jaringan dan perputaran protein menaikkan kebutuhan protein. Setelah trauma perawatan asam amino sangat diperlukan untuk luka dan formasi jaringan menyembuhkan dan memproduksi infeksi faktor kekebalan.

6.       Kunjungi toko grosir atau apotek dan cari 5 jenis makanan yang mengandung suplemen tinggi protein. Buatlah sebuah bagan yang menunjukkan:
a.       Total gram protein yang tersedia di dalamnya
b.      Biaya
c.       Hitung biaya per 8 gram protein.
Bagaimana harga suplemen protein tersebut bila dibandingkan dengan satu cangkir susu atau ½ cangkir minuman kacang-kacangan yang juga mengandung 8 gram protein? Mana yang lebih baik antara suplemen atau protein untuk dikonsumsi?
Jawab:
No.
Nama Suplemen (500 gram)
Total Protein
Harga
Harga/8gr protein
1.
Ultimate Nutrition Prostar 100% Whey Protein 1 Lbs Vanilla
25 gram
Rp 171.000,-
Rp 54.720,-
2.
17 gram
Rp 92.000,-
Rp 43.294,-
3.
L-Men Advance Hi-Protein
15 gram
Rp 88.825,-
Rp 47.373,-
4.
OPTIMUM NUTRITION 100% Soy Chocolate
25 gram
Rp 220.000,-
Rp 70.400,-
5.
SCI FIT 100% Soy Isolate Chocolate
23 gram
Rp 250.200,-
Rp 87.026,-
6.
Susu Kedelai Bubuk Melilea
115 gram
Rp 55.000,-
Rp 3.826,-

Jika dibandingkan antara suplemen yang dijual di apotek atau took-toko dengan susu kedelai, maka bias dilihat bahwa kandungan protein susu kedelai setiap 500 gram kemasan lebih banyak (115 gram) daripada suplemen yang dijual (rata-rata 15-25 gram / 500 gram).
Jadi, menurut saya, susu kedelai lebih baik untuk dikonsumsi. Selain kandungan protein yang lebih banyak dan harga yang lebih murah, juga karena tidak terlalu banyak zat kimia yang tercampur di dalam proses pembuatannya.

7.       Pasangan vegetarian diberi tahu putrinya yang berumur 2 tahun bahwa dia mengalami pertumbuhan yang lambat dari umumnya. Faktor  apakah yang sepertinya berhubungan dengan pertumbuhannya yang lambat? Apa yang kamu tawarkan pada orang tuanya untuk meningkatkan status gizi anak tersebut? Buat menu sekali untuk keluarga ini yang akan membantu kebutuhan protein anak tersebut dan respek pola makan vegetarian!
Jawab:
·        Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah faktor pertumbuhan Tardy. Hal ini dapat terjadi karena kekurangan gizi, dalam hal ini kekurangan protein. Pasangan vegetarian, mendapat asupan protein hanya dari tumbuhan saja. Sedangkan kita ketahui bahwa protein nabati lebih susah dicerna karena pada struktur selnya ada selulosanya dan asam aminonya juga kurang. Sehingga, jumlah asupan protein yang berfungsi sebagai zat pertumbuhan bagi si anak berkurang. Hal inilah yang menyebabkan pertumbuhan anak tersebut mengalami keterlambatan.
Selain itu, mungkin juga disebabkan oleh kurangnya hormon pertumbuhan dan factor genetik.
·        Saran untuk orang tuanya : sebaiknya makanan anak dicampur juga dengan sumber makanan yang berasal dari protein hewani dan makanan bergizi seimbang, agar pertumbuhannya menjadi normal kembali. Jika masih belum berhasil, sebaiknya pergi ke dokter spesialis anak untuk diperiksa lebih lanjut apakah ada penyakit yang menyebabkan pertumbuhannya terhambat.
·        Menu makan dan kebutuhan protein seharusnya :
Kebutuhan protein bagi anak lebih besar jika dibandingkan dengan kebutuhan protein bagi orang dewasa. Hal ini karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan, sehingga sangat membutuhkan protein sebagai zat gizi utama dalam proses pertumbuhan. Kebutuhan protein bagi  anak umur 2 tahun yaitu 2-3 gram/1 kg BB. Sedangkan untuk orang tuanya sekitar 1 gram/1 kg BB.
Untuk menu makannya, sebaiknya dikonsultasikan kepada ahli gizi, dan sebaiknya makan makanan bergizi seimbang.

8.       Protein mengandung 2-3 kali RDA yang tidak lazim di Amerika. Gunakan nilai makanan yang terdapat di CD-ROOM dengan textbook! Hitung nilai energi sejumlah protein dalam makanan cepat saji termasuk lemak pada burger keju, kentang goreng, dan 12 ons susu kocok! Bandingkan jumlah protein dan kalorinya dengan protein dan energi RDA untuk laki-laki yang berumur 12 tahun! Berapa proporsi protein harian dan kebutuhan protein dan energi harian yang tersedia pada jenis makanan in?
Jawab :
Sarapan Pagi, 07.00 (Total 650 kkal)
Makan Siang, 12.00 (Total 550 kkal)
Makan Malam, 19.00 (Total 1530 kkal)
9.       Jelaskan proses  pencernaan dan penyerapan protein termasuk:
a.       Tahapan-tahapan dalam gastrointestinal, dimana masing-masing tahap terjadi
b.      Bagaimana peranan enzim dan sumbernya
c.       Hasil produknya
Jawab:
a.       Protein yang dicerna, mulai di dalam asam perut, kemudian diselesaikan di dalam lingkungan yang bersifat alkali (menyangkut) usus halus.
b.      Peranan enzim dan sumbernya :
Enzim
Sumber
1.        Tripsin
Sekresi pancreas
2.       Chymotrypsin
Sekresi pancreas
3.       Carboxipeptidase
Sekresi pancreas
4.      Aminopeptidase
Sekresi intestinal
5.       Dipeptidase
Sekresi intestinal
c.       Hasil produk : Asam amino dan Kreatinin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar